Tautan Internal untuk SEO: Praktik Terbaik 2020

Tautan Internal untuk SEO: Praktik Terbaik 2020

Tautan internal adalah faktor peringkat yang kuat. Tidak sekuat backlink, tetapi sangat sepadan dengan usaha Anda. Sama seperti backlink, tautan internal dapat melewati jus tautan dan memberi tahu Google halaman mana yang lebih penting. Sebagai manfaat tambahan, tautan internal berkontribusi pada pengalaman pengguna yang lebih baik, tingkat konversi yang lebih tinggi, dan perayapan situs web yang lebih efisien. Ketika diterapkan dengan benar, penautan internal adalah cara yang sah untuk meningkatkan peringkat dan kinerja situs web Anda secara umum.

Apa itu tautan internal

Tautan internal mengarah ke halaman di situs web yang sama, sebagai lawan dari tautan eksternal, yang mengarah ke halaman di situs web yang berbeda. Paling umum, tautan internal digunakan untuk navigasi, tetapi ada juga beberapa cara untuk menggunakan tautan internal untuk keperluan optimasi pencarian.

Apa peran tautan internal dalam SEO?
Properti tautan internal yang paling bernilai adalah mereka dapat melewatkan jus tautan – mereka dapat memberi tahu Google halaman mana dari situs web Anda yang lebih penting. Sekarang, tautan internal tidak lulus jus tautan sebanyak backlink dan mereka tidak benar-benar meningkatkan otoritas situs web Anda, tetapi mereka dapat membantu Anda membawa beberapa halaman Anda ke depan dalam pencarian.

Misalnya, katakanlah Anda memiliki situs web yang menjual sepeda. Dan karena kecocokan sepeda sangat penting, setiap halaman produk Anda terhubung ke panduan tentang cara mencocokkan sepeda dengan benar. Dengan banyaknya tautan yang menunjuk ke panduan ini, Google dapat menganggap halaman ini lebih penting daripada yang lain. Pada titik ini, Anda dapat menggunakan panduan ini untuk menautkan ke beberapa halaman baru Anda, menyampaikan beberapa hal penting kepada mereka dan bahkan mungkin meningkatkan peringkat mereka.

Selain itu, tautan internal sebagian besar digunakan untuk navigasi situs web dan mempertahankan struktur situs web yang mudah diikuti. Meskipun ini terutama merupakan manfaat pengalaman pengguna, struktur situs web logis juga lebih mudah pada anggaran perayapan, memungkinkan mesin pencari untuk mengindeks lebih banyak halaman per kunjungan.

Untuk mengatasi pembangunan tautan internal, Anda memerlukan beberapa alat SEO berkualitas untuk menghemat waktu dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Pastikan Anda sudah menyiapkannya:

 

Praktik terbaik yang menghubungkan internal
Kita akan membahas beberapa strategi penghubung internal yang lebih maju dalam satu menit, tetapi, sebelum itu, mari kita pastikan Anda memiliki dasar-dasar yang benar. Berikut adalah tujuh hal yang harus ada dalam struktur tautan internal situs Anda.

1. Simpan struktur situs web yang dangkal.
Ini dianggap praktik yang baik ketika setiap halaman dapat dijangkau dalam tiga klik dari beranda. Saat ini, pengguna sangat menuntut dalam hal kecepatan situs web, termasuk waktu buka halaman dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tindakan tertentu. Mengapa orang harus repot-repot melewati puluhan tautan yang tidak perlu jika ada banyak situs web serupa di luar sana dengan halaman internal yang terorganisir dengan baik dan efisien? Karenanya, penting untuk mengurangi jumlah klik yang diperlukan untuk sampai ke halaman arahan penting dan mempertahankan struktur situs web yang dangkal:

Untuk memeriksa kedalaman klik halaman internal Anda, luncurkan Auditor WebSite , lompat ke Struktur Situs> Halaman , dan urutkan URL dengan Kedalaman klik . Alat analisis akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak klik yang diperlukan untuk mencapai URL yang diberikan dan apakah ada yang perlu dipindahkan lebih dekat ke permukaan.

2. Pastikan semua halaman penting ditautkan.

Saat ini, mesin pencari bergantung pada peta situs dan tautan untuk menemukan halaman web. Ini berarti bahwa halaman yang tidak terhubung – atau yang disebut ‘yatim’ – dapat ditemukan oleh mesin pencari saat halaman ini terdaftar di sitemap. Tetapi tidak mungkin menemukan halaman ‘yatim piatu’ melalui navigasi situs web. Halaman seperti itu sebenarnya tidak ada untuk pengguna. Sebaiknya singkirkan halaman yatim – hapus atau tautkan ke halaman lain.

CATATAN: Laman landas yang dibuat untuk kampanye bayar per klik adalah pengecualian. Mereka sering bertindak sebagai area situs web independen yang tidak ditautkan dari konten situs web utama dan biasanya diblokir dari pengindeksan.

Anda dapat menggunakan Auditor WebSite untuk menemukan halaman yatim di situs web Anda. Untuk melakukan ini, buka dasbor Halaman , klik Rebuild Project , dan centang kotak Show expert options . Di kotak dialog, pilih Cari halaman yatim , dan lanjutkan dengan langkah selanjutnya seperti biasa.

Setelah perayapan selesai, Anda akan dapat menemukan halaman anak yatim di dasbor Halaman , ditandai dengan tag halaman anak yatim .

Kiat Pro: Anda dapat melakukan analisis tautan internal dari struktur situs Anda hanya dengan satu klik. Dalam proyek Anda, buka Struktur Situs> Visualisasi dan segera lihat apakah Anda memiliki halaman yatim, rantai halaman yang panjang, atau titik lemah lainnya dalam struktur Anda:

3. Jaga jumlah tautan per halaman masuk akal.
Semakin banyak tautan, internal atau eksternal, ditemukan pada suatu halaman, semakin sedikit tautan yang dikirim masing-masing tautan ke halaman yang ditunjuknya. Selain itu, kecuali kontennya terstruktur dengan baik, mungkin membosankan bagi pengunjung Anda untuk menelusuri daftar sumber daya yang tidak ada habisnya. Untuk menambahkannya, jumlah tautan yang berlebihan dapat mengirim sinyal spam ke mesin pencari, yang sangat memengaruhi otoritas halaman Anda.

Jadi, jika Anda ingin mengirim lebih banyak ‘kekuatan peringkat’ ke halaman yang Anda tautkan, kurangi jumlah tautan keluar. Auditor WebSite akan membantu Anda mendeteksi semua halaman di situs web Anda yang memiliki lebih dari 100 tautan, baik internal maupun eksternal. Untuk mendapatkan daftar halaman dengan terlalu banyak tautan, buka dasbor Audit Situs di proyek Auditor WebSite Anda dan klik Halaman dengan jumlah tautan yang berlebihan .

4. Gunakan kata kunci dalam teks jangkar.
Menggunakan kata kunci dalam teks jangkar tautan adalah ukuran lain yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan peringkat kata kunci. Dalam arti tertentu, tautan internal bertindak seperti backlink, jadi menggunakan istilah yang relevan di jangkar mereka adalah cara gratis dan sederhana untuk meningkatkan relevansi topikal.

Perlu dicatat bahwa di dunia pasca-Penguin, sebagian besar SEO tidak akan menganjurkan penggunaan kata kunci pencocokan tepat dalam teks jangkar tautan internal. Anda akan sering mendengar SEO mengatakan, “gunakan jangkar alami atau Anda akan dihukum”. Secara pribadi, saya belum pernah mendengar ada situs web yang dihukum karena jangkar tautan internalnya. Jika Anda menginginkan pendapat saya, saya percaya bahwa anchor text harus deskriptif dari konten yang tertaut. Matt Cutts setuju .

Untuk mengaudit jangkar internal, luncurkan Auditor WebSite sekali lagi. Di bawah dasbor Halaman , klik salah satu halaman. Di bawah, klik Tautan dari halaman untuk melihat setiap tautan pada halaman bersama dengan teks jangkar, kode respons HTTP, dan arahan robot.

 

  1. Pastikan tautan gambar memiliki atribut alt.
    Atribut alt tautan gambar bertindak seperti teks jangkar untuk tautan teks – jadi ini kesempatan lain untuk mengirim sinyal peringkat ke mesin pencari, meningkatkan otoritas saat Anda melakukannya.

Untuk menemukan semua tautan gambar dengan teks alt kosong, lompat ke dasbor Audit Situs di Auditor WebSite . Klik pada teks alt kosong untuk daftar lengkap halaman yang berisi gambar tanpa teks alt yang ditentukan.

  1. Tempatkan tautan di dalam konten utama halaman.
    Tautan yang ditempatkan dalam konten halaman memiliki nilai SEO lebih tinggi daripada yang ada di header, footer, atau sidebar. Yang terakhir lebih berkaitan dengan navigasi, dan sepertinya Google memperlakukannya sebagai tautan non-editorial. Tautan di konten utama, di sisi lain, menambah informasi dan nilai baru ke teks. Selain itu, teks dan kata kunci di sekitar tautan juga penting untuk peringkat halaman target.
  2. Buka tautan non-navigasi di tab baru.
    Bayangkan Anda membaca artikel yang memiliki banyak tautan ke artikel lain. Karena Anda penasaran, Anda mengklik beberapa tautan ini. Anda membaca artikel lain, dan satu lagi, dan mengklik lebih banyak tautan. Akhirnya, Anda berakhir di YouTube menonton kompilasi anak anjing alih-alih membaca artikel awal tentang pentingnya atribut nofollow.

Sementara itu, jika Anda memaksa tautan dengan informasi tambahan untuk dibuka di tab baru, lebih mudah untuk kembali ke konten asli.

Untuk memaksa browser membuka tautan di tab baru, tambahkan atribut ‘target’ ke tautan dalam HTML:

<a href=”http://targeturl.com” target=”_blank”>Anchor Text</a>

 

Lima strategi penghubung internal untuk SEO yang lebih baik
Berikut adalah lima strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan tautan internal Anda. Dari banyak strategi di luar sana, saya telah melihat lima ini memiliki efek terbesar pada SEO dan peringkat. Anda dapat memilih satu saja untuk situs Anda, atau menggunakan beberapa kombinasi untuk hasil yang lebih baik.

  1. Arahkan tautan dari halaman lalu lintas ke halaman konversi.
    Banyak perusahaan menjalankan blog untuk membuat “konten yang menarik dan bermanfaat”. Beberapa dari mereka mencapai tujuan, dan pos mereka menarik lalu lintas yang signifikan. Masalahnya adalah bahwa posting blog jarang dapat membanggakan tingkat konversi yang tinggi. Mengapa tidak menyalurkan pengguna dari posting blog dengan lalu lintas tinggi ke halaman arahan yang secara khusus dioptimalkan untuk konversi?

Langkah 1. Temukan halaman arahan dengan lalu lintas tinggi dan konversi rendah. Untuk mencapai tujuan ini, buka Google Analytics , buka Behavior> Landing Pages , dan urutkan URL berdasarkan jumlah sesi. Tekan ikon Perbandingan dan pilih metrik yang relevan dari menu tarik-turun (mis., Tingkat konversi keseluruhan). Anda selanjutnya dapat memfilter URL untuk memenuhi kriteria tertentu, seperti hanya menampilkan URL blog. Pilih URL yang menikmati lalu lintas tinggi tetapi memiliki tingkat konversi yang rendah.

Langkah 2. Identifikasi halaman dengan tingkat konversi tinggi – halaman arahan konversi terbaik Anda. Gunakan pendekatan yang mirip dengan yang dijelaskan pada langkah sebelumnya.

Langkah 3. Gunakan tautan ke halaman konversi tinggi di halaman traffic tinggi. Tautan gambar atau spanduk cenderung menarik lebih banyak klik daripada tautan teks. Anda dapat bereksperimen lebih lanjut dengan variasi penempatan tautan atau spanduk di dalam halaman.

  1. Arahkan halaman otoritas tinggi ke halaman buah tergantung rendah.
    Mari kita asumsikan Anda memiliki blog dengan banyak konten yang bermanfaat. Dan seperti kita ketahui, konten yang bermanfaat menarik backlink eksternal. Kami dapat menggunakan jus tautan terakumulasi yang dinikmati oleh posting blog Anda untuk mempromosikan halaman yang terjebak di suatu tempat di halaman 2 dalam SERPs. Ini adalah apa yang disebut halaman buah gantung rendah.

Untuk memperkirakan jus tautan atau PageRank, InLink Rank SEO PowerSuite sangat membantu. Ini didasarkan pada formula yang sama dengan PageRank asli Google, dan ia melakukan hal yang sama – mengevaluasi kekuatan peringkat halaman berdasarkan kuantitas dan kualitas backlink-nya.

Langkah 1. Temukan halaman dengan Peringkat InLink tinggi. Di Auditor Situs Web , buka proyek Anda dan buka Struktur Situs> Halaman . Klik pada tajuk kolom InLink Rank untuk mengurutkan URL berdasarkan InLink Rank mereka. Jika Anda tidak memiliki kolom InLink Rank di ruang kerja Anda, klik kanan header setiap kolom untuk menambahkannya. Anda juga dapat menerapkan filter khusus untuk menemukan halaman yang memenuhi kriteria tertentu, misalnya halaman blog. Gunakan ikon filter untuk melakukan itu.

Langkah 2. Temukan halaman yang berperingkat di bagian atas halaman 2 untuk kata kunci target Anda. Kami akan menggunakan Pelacak Peringkat untuk tugas ini. Saya akan menganggap Anda sudah melacak peringkat di Pelacak Peringkat (jika tidak, Anda harus mengimpor kata kunci target Anda ke alat dan menjalankan pemeriksaan peringkat untuk mereka).

Arahkan ke Kata Kunci Target> Pelacakan Peringkat . Kemudian klik ikon filter dan terapkan filter berikut:

Ini akan menunjukkan kepada Anda kata kunci yang Anda peringkat di bagian atas halaman 2. Urutkan hasil dengan Google Rank dan temukan URL yang akan Anda tautkan dari halaman otoritas tinggi Anda. Jangan lupa tentang kata kunci – Anda akan menggunakannya di jangkar tautan.

Langkah 3. Tambahkan tautan ke halaman yang Anda pilih pada Langkah 1. Harap diingat bahwa tautan yang baru ditambahkan itu relevan dengan konten halaman sumber.

  1. Beri peringkat halaman utama Anda untuk kata kunci volume tinggi.
    CATATAN: Ini dan dua strategi berikut ini didasarkan pada tingkat kompetisi dan volume pencarian kata kunci Anda. Alur kerja implementasi sangat mirip. Itu sebabnya saya akan menggambarkannya hanya sekali.
    Dalam skenario ini, situs web Anda dioptimalkan untuk beberapa kata kunci dengan volume pencarian tinggi, persaingan tinggi. Kata kunci semacam itu sering memiliki makna yang sangat umum, misalnya “beli sepatu murah”.

Biasanya, Anda akan memiliki konten beranda yang dioptimalkan untuk mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci ini, dengan halaman lain yang memiliki tujuan tambahan. Halaman tambahan ini masih memberikan informasi yang berguna bagi pengguna, tetapi mereka tidak seharusnya peringkat tinggi untuk kata kunci apa pun. Dalam struktur penautan seperti itu, beranda memiliki lebih banyak tautan yang menunjukkannya daripada laman kategori atau tingkat bawah mana pun:

Auditor WebSite adalah alat yang ideal untuk membantu Anda menganalisis struktur tautan internal Anda atau membangunnya dari awal. Pertama, lompat ke dasbor Halaman dan klik tombol + di sebelah tab untuk membuat ruang kerja khusus. Pastikan Anda menambahkan kolom berikut:

Halaman (Halaman URL)
Judul
Klik kedalaman
Tautan ke halaman
Tautan dari halaman
Peringkat InLink

Di layar bawah Auditor WebSite, klik Tautan ke halaman. Di sini, Anda dapat mengetahui berapa banyak tautan internal yang dimiliki setiap URL. Sekilas, Anda dapat mengetahui apakah beranda memiliki jumlah tautan internal yang tepat dan, jika tidak, tambahkan lebih banyak.

  1. Gunakan tautan internal untuk mendukung kata kunci volume menengah.
    Dalam skenario ini, Anda terutama berfokus pada kata kunci volume pencarian tengah. Biasanya, ini adalah kata kunci tiga kata dengan makna yang lebih spesifik daripada istilah yang dibahas pada poin sebelumnya, misalnya, “beli sepatu Gucci” atau “sepatu Gucci terbaik”. Mereka sering milik kategori produk dalam situs web e-commerce atau kategori subjek di situs web seperti blog. Dalam pendekatan ini, halaman kategori memiliki prioritas tertinggi; itu sebabnya mereka harus mendapatkan tautan internal paling kontekstual yang menunjuk ke mereka.
  • Targetkan kata kunci volume rendah dengan tautan internal.
    Alih-alih menargetkan beberapa kata kunci volume pencarian tinggi, Anda dapat memilih untuk mencari banyak kata kunci berekor panjang, volume pencarian rendah. Dalam kebanyakan kasus, mereka milik tingkat bawah situs web, misalnya, posting blog individu atau daftar produk.

  • Dalam hal ini, sebagian besar tautan internal kontekstual harus mengarah ke halaman tingkat bawah, dan halaman-halaman ini harus saling terkait dengan benar.

    Pikiran terakhir
    Singkatnya, Anda telah mempelajari apa itu tautan internal dan mengapa penting untuk memiliki struktur tautan internal yang solid. Anda mendapatkan tautan internal yang harus dimiliki yang harus digunakan secara universal oleh webmaster mana pun. Dan akhirnya, Anda membaca tentang lima strategi penghubung internal yang dapat memiliki dampak besar pada peringkat Anda jika Anda menerapkannya dengan benar. Saya yakin ada lebih banyak trik dan strategi di luar sana. Jika Anda memiliki saran atau ide untuk dibagikan, beri tahu saya di komentar di bawah!

     

     

    %d bloggers like this: