April 14, 2021

Bisnis Simpel Abad 21

Sehat dan Sejahtera

Pentingnya Antioksidan untuk tubuh dan multivitamin di kandungan Adult Formula

6 min read

 

Antioksidan

antioksidan
antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Antioksidan seperti tiol atau asam askorbat (vitamin C) mengakhiri reaksi berantai ini. Untuk menjaga keseimbangan tingkat oksidasi, tumbuhan dan hewan memiliki suatu sistem yang kompleks dari tumpangsuh antioksidan, seperti glutation dan enzim (misalnya: katalase dan superoksida dismutase) yang diproduksi secara internal atau dapat diperoleh dari asupan vitamin Cvitamin A dan vitamin E. Antioksidan secara nyata mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah. Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya. Radikal bebas adalah spesies yang tidak stabil karena memiliki elektron yang tidak berpasangan dan mencari pasangan elektron dalam makromolekul biologi. Protein lipida dan DNA dari sel manusia yang sehat merupakan sumber pasangan elektron yang baik. Kondisi oksidasi dapat menyebabkan kerusakan protein dan DNAkanker, penuaan, dan penyakit lainnya. Komponen kimia yang berperan sebagai antioksidan adalah senyawa golongan fenolik dan polifenolik. Senyawa-senyawa golongan tersebut banyak terdapat di alam, terutama pada tumbuh-tumbuhan, dan memiliki kemampuan untuk menangkap radikal bebas. Antioksidan yang banyak ditemukan pada bahan pangan, antara lain vitamin Evitamin C, dan karotenoid.

Antioksidan banyak digunakan dalam suplemen makanan dan telah diteliti untuk pencegahan penyakit seperti kanker atau penyakit jantung koroner. Meskipun studi awal menunjukkan bahwa suplemen antioksidan dapat meningkatkan kesehatan, pengujian lanjutan yang lebih besar termasuk beta-karoten, vitamin A, dan vitamin E secara tunggal atau dalam kombinasi yang berbeda menunjukkan bahwa suplementasi tidak berpengaruh pada tingkat kematian. Uji klinis acak konsumsi antioksidan termasuk beta karoten, vitamin E, vitamin C dan selenium menunjukkan tidak ada pengaruh pada risiko kanker atau mengalami peningkatan risiko kanker. Suplementasi dengan selenium atau vitamin E tidak mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Dengan contoh-contoh ini, stres oksidatif dapat dianggap sebagai penyebab atau konsekuensi dari beberapa penyakit, merangsang pengembangan obat senyawa antioksidan potensial untuk mengobati penyakit. Antioksidan memiliki banyak kegunaan industri, seperti pengawet dalam makanan dan kosmetik serta untuk mencegah degradasi karet dan bensin.

Radikal bebas adalah suatu zat kimia yang sifatnya tidak stabil dan dapat merusak sel-sel tubuh. Saat tubuh terlalu banyak terpapar radikal bebas, risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, seperti penuaan dini dan penyakit tertentu, akan menjadi lebih tinggi.

Sebenarnya, bila jumlahnya normal, radikal bebas tidak akan membahayakan kesehatan. Sebaliknya, bila jumlahnya berlebih, radikal bebas bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan demensia. Untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang cukup.

Peran Antioksidan dalam Menangkal Efek Radikal Bebas

Antioksidan adalah sifat dari berbagai senyawa yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas dapat terbentuk di dalam maupun di luar tubuh.

Radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh adalah bahan kimia yang dihasilkan dari proses metabolisme, termasuk pencernaan makanan dan penggunaan oksigen. Sementara itu, radikal bebas yang terbentuk di luar tubuh bisa berasal dari asap rokok, asap kendaraan, paparan radiasi, zat beracun (misalnya pestisida), dan logam berat.

Jika Anda sering terpapar radikal bebas, misalnya karena tinggal di daerah dengan tingkat polusi yang tinggi, Anda akan membutuhkan antioksidan lebih banyak. Pasalnya, paparan polusi berlebihan dapat membuat kadar radikal bebas di dalam tubuh Anda lebih tinggi, sehingga dibutuhkan antioksidan yang cukup untuk mencegah terjadinya kerusakan sel atau penyakit.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi antioksidan secara alami. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi cukup makanan dengan kandungan antioksidan tinggi setiap hari guna menangkal efek radikal bebas.

Berbagai Jenis dan Sumber Antioksidan

Terdapat beragam jenis antioksidan. Masing-masing memiliki cara kerja berbeda untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Berikut adalah jenis antioksidan yang perlu Anda dapatkan dari makanan yang Anda konsumsi:

  • Vitamin C, berfungsi untuk mencegah dan memperbaik kerusakan sel serta merangsang pembentukan kolagen.
  • Vitamin E, berfungsi untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Flavonoid, berfungsi untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas, mendukung kinerja sel-sel tubuh, dan mengurangi efek zat beracun pada tubuh.
  • Likopen, berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.
  • Lutein dan zeaxanthin, berfungsi untuk melindungi sel-sel mata dan saraf serta melindungi tubuh dari penyakit degeneratif, seperti katarak dan degenerasi makula.

Di samping itu, masih ada banyak jenis antioksidan lain yang tak kalah penting untuk kesehatan tubuh, di antaranya glutathione, betakaroten, polifenol, serta antosianin.

adult formula
adult Formula

Adult Formula Multivitamin, Mineral & Antioksidan PALING LENGKAP!

Adult Formula merupakan multivitamin dengan tiga daya kerja: meningkatkan fungsi otak, menjaga stamina dan daya tahan tubuh, serta membersihkan racun dalam tubuh. Adult Formula mengandung 17 vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan metabolisme. Beta karoten dan vitamin B2 kompleks dosis tinggi di dalam multivitamin ini menyediakan energi dan memelihara kebugaran tubuh, sehingga sangat cocok untuk Anda yang aktif. Tak perlu cemas apabila Anda kerap terpapar polusi dan rawan stres akibat padatnya pekerjaan. Terdapat niasin dan vitamin C untuk mendetoksifkasi tubuh dan menurunkan risiko depresi. membantu mempercepat proses pemulihan pasca sakit, membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Adult formula adalah multivitamin, multimineral, dan antioksidan paling lengkap, dengan 3 daya kerja:

  1. Concentration (Meningkatkan konsentrasi).
  2. Endurance (Stamina & Daya tahan tubuh).
  3. Detoxifying (Membersihkan racun/toksin dalam tubuh).

Satu kaplet perhari setelah makan, mampu memenuhi Kebutuhan Vitamin, Mineral & Antioksidan Anda sehari hari!

Kegunaan Unihealth Adult Formula

Unihealth Adult Formula digunakan untuk membantu memelihara kesehatan tubuh, membantu mempercepat proses pemulihan pasca sakit, membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat:

Membantu memelihara kesehatan

Keunggulan Adult Formula:

  • Formulasi premium dari Swiss dengan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang paling lengkap.
  • Berperan meningkatkan konsentrasi sekaligus membersihkan racun dari dalam tubuh (detoksifkasi).
  • Mengandung asam folat, selenium dan kalsium untuk menurunkan risiko anemia atau kurang darah.
  • Kandungannya teruji klinis dan terstandar farmasi.

Keunikan, Mekanisme Kerja & Farmakologi:

  • Formulasi premium dari Swiss dengan kandungan 17 multivitamin, Mineral dan Antioksidan.
  • Mudah terserap ke dalam tubuh.
  • Mengandung folic acid, selenium dan calcium untuk mencegah anemia (kekurangan darah).
  • Bahan baku yang teruji klinis.
  • Aman digunakan jangka panjang.

Dosis dan Saran Penggunaan:

1x sehari 1 kaplet salut selaput
Dikonsumsi setelah makan untuk Anda yang sering mengalami gejala dibawah ini:

  • Mengantuk setelah makan
  • Mudah ngos-ngosan saat berjalan atau berolahraga
  • Lingkar pinggang membesar
  • Selalu ingin makanan manis
  • Selalu merasa lelah

Komposisi:

Asam Folat, Vitamin (B1, B2, B6 HCI, C, D, E,), Ekstrak Curcumae xanthorizhae, Rhizoma, Niasin, Beta Carotene, Asam Pantotenat, Selenium, Magnesium, Zinc, Besi, Tembaga, Kalsium)

Kemasan:

Box, 30 kaplet

Referensi ilmiah:

  1. Soetan, KO, et al. The Importance of Mineral Elements for Humans, Domestic Animal and Plants: A Review. African Journal of Food Science. 2010:4(5):200-222.
  2. Martha Savaria Morris, et al. Folate and vitamin B-12 status in relation to anemia, macrocytosis, and cognitive impairment in older Americans in the age of folic acid fortification. Am J Clin Nutr 2007;85:193–200. Printed in USA© 2007 American Society for Nutrition.
  3. MarekKieliszek, M.Sc, et al.Selenium: Significance, and outlook for supplementation. Volume 29, Issue 5, May 2013, Pages 713-718.
  4. KARL GUGGENHEIM, M.D.. The Role of Zinc, Copper and Calcium in the Etiology of the “Meat Anemia”. Blood (1964) 23 (6): 786-794.
  5. Melvin H Williams. Dietary Supplements and Sports Performance: Introduction and Vitamins. J Int Soc Sports Nutr. 2004;1(2): 1–6.
  6. DavidBenton. Vitamin and mineral supplements improve the intelligence scores and concentration of six-year-old children. Personality and Individual Differences. Volume 12, Issue 11, 1991, Pages 1151-1158.
  7. Iris F. F. Benzie . Vitamin C: prospective functional markers for defining optimal nutritional status. Proceedings of Nutrition Society Published Online by Cambridge Univeristy Press: 28 Feb 2007

 

 

Selengkapnya Mengenai Produk Adult Formula Silahkan Hubungi Cs kami Via TELP / WA / SMS