Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima

Apa Kandungan dan Manfaat Buah Delima

Buah Delima yang memiliki nama latin Punica granatum, merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah yang memiliki diameter sekitar 5-12 cm ini mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K. Buah delima juga mengandung aneka mineral, yaitu kalium, magnesium, zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol dan antosianin. Tak hanya itu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga memungkinkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Kandungan Buah Delima

Setelah kita membahas manfaat buah delima, ada baiknya kita mengenal superfruit ini lebih mendalam.

Alasan mengapa khasiat buah delima sangat banyak adalah kandungannya yang melimpah.

Menurut sebuah riset, kandungan buah delima terdiri dari

  • vitamin A,
  • vitamin C,
  • vitamin E,
  • vitamin K,
  • protein,
  • kalium,
  • folat,
  • fruktosa,
  • glukosa, dan
  • sukrosa baik.

Selain itu, buah mungil ini juga diperkaya oleh antioksidan yang dapat melawan dan mencegah beragam macam penyakit.

Beberapa asam baik seperti asam fumarat, asam askorbat, asam punicic, asam lemak, asam sitrat, dan asam malat pun terkandung di dalam buah delima.

Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima :

  1. Jus delima merah, apabila digunakan untuk berkumur terlebih dahulu sebelum diminum, dapat membantu membersihkan mulut dan gigi.
  2. Membantu menghilangkan bau mulut tak sedap.
  3. Memakan buah delima dengan perla-hanlahan dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang serak serta menghindarkan dari kekeringan tenggorokan.
  4. Zat tanin yang ada pada buah ini, dimana mereka dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita da-lam usus, sehingga mereka dapat ikut keluar melalui feses pada saat buang air besar.
  5. Anti diare dan anti virus.
  6. Kulit buah dan bunganya merupakan astringenkuat. Rebusan keduanya bisa menghentikan pendarahan.
  7. Kulit kayu dan akar mempunyai bau lemah serta rasa asam. Berkhasiat untuk melancarkan dahak, vermifuga, pencahar dan astringenusus. Sedangkan daunnya berkhasiat untuk melancarkan haid.
  8. Bijinya bersifat tidak beracun dan berkhasiat untuk meredam demam, anti-toksik, melumas paru dan meredakan batuk.
  9. Biji buah delima juga efektif dalam mencegah kanker. Kaya akan phytochemical, juga disebut sebagai polifenol (anthocyanin, quercetindan tanin), kandungan ini memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  10. Dari beberapa hasil penelitian Farmakologis, dapat diketahui bahwa buah delima memiliki beberapa khasiat diantaranya : a.Kulit akar berkhasiat sebagai peluruh cacing usus. b.Kulit buah menghambat pertumbuhan basil typhoid. c.Kulit buah dapat mengendalikan penyebaran infeksi virus polio,virus herpes simpleks dan virus HIV.

 

Nantikan info kesehatan lainnya dari Kami TERIMA KASIH…

%d bloggers like this: