Pengobatan Penyakit Ginjal Polikistik

Pengobatan Penyakit Ginjal Polikistik

 

Pengobatan Penyakit Ginjal Polikistik

Pengertian Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik diturunkan secara dominan autosomal, dimana terbentuk kista ginjal yang semakin membesar yang menyebabkan kerusakan ginjal secara progresif. Penyakit ini dapat timbul bersama dengan keluhan gagal ginjal kronis atau ditemukan saat skrining keluarga pengidap dengan penyakit serupa. Penyakit Ginjal 

Gejala Ginjal Polikistik

Gejala yang dapat ditimbulkan pada penyakit ini seperti :

  • Mual.
  • Muntah.
  • Anoreksia.
  • Gatal.
  • Mudah lelah.
  • Sering kencing.
  • Nyeri pada pinggang, punggung dan perut.
  • Adanya darah pada kencing.
  • Nyeri kepala berat yang mendadak. Sumber halodoc.

Penyebab Polycystic Kidney Disease

Umumnya, penyakit ginjal polikistik terjadi akibat kelainan atau kecacatan pada gen yang dapat diturunkan dari orang tua ke anak. Berdasarkan kecacatan genetiknya, ada dua jenis penyakit ginjal polikistik, yaitu:

Autosomal recessive polycystic kidney disease (ARPKD)

ARPKD adalah jenis penyakit ginjal polikistik yang sudah muncul gejalanya sejak masih anak-anak atau bahkan sejak di dalam kandungan. Jika kedua orang tua menderita ARPKD, maka setiap anak memiliki risiko sebesar 25% untuk menderita kondisi yang sama. Penyakit Ginjal 

Autosomal dominant polycystic kidney disease (ADPKD)

ADPKD merupakan jenis polycystic kidney disease yang paling sering terjadi. Gejala biasanya muncul pada usia dewasa, yaitu antara usia 30-40 tahun. Jika salah satu orang tua menderita ADPKD, maka setiap anak memiliki risiko sebesar 50% untuk menderita ADPKD.

Selain karena keturunan, mutasi atau perubahan genetik juga dapat menyebabkan penyakit ginjal polikistik. Jenis ini disebut dengan acquired cystic kidney disease (ACKD). ACKD jarang terjadi dan biasanya muncul pada orang yang menderita gagal ginjal. Sumber : alodokter

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah memburuknya penyakit polikistik ginjal dan mencegah keadaan darurat medis lainnya. Konsultasikan ke dokter sesegera mungkin untuk mencegah kondisi serius ini.

Jika Anda mengalami tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apa pun, diskusikan dengan dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab ginjal polikistik?
Kelainan gen alias cacat genetik merupakan penyebab terjadinya penyakit ini. Dengan kata lain, ini adalah penyakit menurun di keluarga. Meski jarang terjadi, mutasi genetik dapat menjadi penyebab kista ginjal polikistik.

Terdapat dua jenis utama penyakit ginjal polikistik, yang disebabkan oleh kelainan genetik yang berbeda, yaitu:

1. Penyakit ginjal polikistik autosom dominan (ADPKD)

Tanda-tanda dan gejala ADPKD sering muncul di antara usia 30 dan 40 tahun. Pada zaman dulu, penyakit jenis ini disebut dengan penyakit ginjal polikistik dewasa, tetapi anak-anak juga dapat terkena gangguan ini. Hanya dibutuhkan salah satu orangtua yang memiliki penyakit ini sehingga bisa menurunkannya kepada anak-anaknya. Kemungkinan sang anak terkena penyakit ini apabila salah satu orangtua memilikinya adalah sebesar 50 persen. Jenis ini berkontribusi sebesar 90 persen terhadap terjadinya penyakit ginjal polikistik.

2. Penyakit ginjal polikistik autosom resesif (ARPKD)

Jenis ini jauh lebih jarang terjadi dibandingkan ADPKD. Tanda-tanda dan gejalanya sering muncul segera setelah kelahiran. Terkadang, gejala tidak muncul hingga akhirnya masa kanak-kanak atau remaja. Sumber hellosehat.com

Diagnosis Ginjal Polikistik

Untuk menentukan diagnosis penyakit ini, dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Dalam wawancara medis, biasanya pengidap ginjal polikistik dapat mengeluh adanya nyeri pada perut. Selain itu, untuk mendiagnosis penyakit ini, tes-tes tertentu dapat mendeteksi ukuran dan jumlah kista ginjal yang Anda miliki dan dapat mengevaluasi jumlah jaringan ginjal yang sehat. Beberapa tes yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Pemeriksaan USG. Pemeriksaan ulrtasonografi (USG) ginjal dapat dilakukan untuk mengetahui ukuran ginjal dan mendeteksi adanya kista. USG dapat mendeteksi kista ginjal dengan diameter 1–1,5 cm.
Magnetic Resonance Imaging (MRI. Pemeriksaan ini lebih sensitif dan dapat mengidentifikasi kista ginjal yang memiliki ukuran diameter 3 mm.
Pemeriksaan urinalisis. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menyingkirkan adanya infeksi pada saluran kemih dan mencari kepingan seluler yang menunjukkan adanya peradangan aktif pada ginjal. sumber halodoc

Apa saja pengobatan untuk ginjal polikistik?
Tujuan dari dilakukannya pengobatan polikistik ginjal adalah mengatasi gejala yang muncul dan mencegah komplikasi. Memantau tekanan darah tinggi adalah bagian terpenting dari rangkaian pengobatan. Penyakit Ginjal 

Beberapa pilihan pengobatan dapat meliputi:

  • Obat nyeri, kecuali ibuprofen karena dapat memperburuk penyakit ginjal
  • Obat tekanan darah
  • Antibiotik untuk mengobati ISK
  • Diet rendah garam
  • Diuretik (pil air) untuk membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh
  • Operasi untuk mengeringkan kista dan membantu meringankan gejala
  • Untuk penyakit ginjal polikistik stadium lanjut yang menyebabkan gagal ginjal, mungkin diperlukan dialisis dan transplantasi ginjal. Satu atau kedua ginjal mungkin perlu diangkat.

Pencegahan

Apa saja yang dapat saya lakukan di rumah untuk mengatasi polikistik ginjal?
Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit polikistik ginjal adalah melalui pola makan. Seorang ahli gizi dapat membantu orang yang memiliki penyakit ini untuk memilih makanan yang tepat dan merencanakan menu sehat. Orang dengan penyakit ginjal jenis apa pun, termasuk penyakit ginjal polikistik, harus berkonsultasi pada ahli gizi mengenai makanan yang boleh dan yang menjadi pantangan.

Penyakit ginjal polikistik juga mungkin memerlukan pengaturan makan tertentu untuk mengontrol tekanan darah. Penyakit darah pada umumnya juga memerlukan perubahan diet tertentu.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda. Sumber hellosehat.com

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala ginjal polikistik?
Banyak orang hidup dengan penyakit polikistik ginjal selama bertahun-tahun tanpa mengalami gejala apa pun. Biasanya, gejala yang muncul juga bergantung pada ukuran kista. Gejala akibat kista dari ginjal polikistik umumnya muncul setelah kista bertumbuh sebesar 1 sentimeter atau lebih.

Beberapa gejala umum yang dikaitkan dengan penyakit ini, meliputi:

  • Nyeri atau sakit di perut
  • Darah dalam urin
  • Sering buang air kecil
  • Nyeri di samping tubuh
  • Infeksi saluran kemih (ISK)
  • Batu ginjal
  • Nyeri atau berat di punggung
  • Kulit yang mudah memar
  • Warna kulit pucat
  • Kelelahan
  • Nyeri sendi
  • Kelainan kuku

Anak-anak yang mengalami penyakit ini dengan jenis autosom resesif dapat mengalami gejala yang meliputi:

  • Tekanan darah tinggi
  • Sering buang air kecil

Apa saja pengobatan untuk ginjal polikistik?

Tujuan dari dilakukannya pengobatan polikistik ginjal adalah mengatasi gejala yang muncul dan mencegah komplikasi. Memantau tekanan darah tinggi adalah bagian terpenting dari rangkaian pengobatan.

Beberapa pilihan pengobatan dapat meliputi:

  • Obat nyeri, kecuali ibuprofen karena dapat memperburuk penyakit ginjal
  • Obat tekanan darah
  • Antibiotik untuk mengobati ISK
  • Diet rendah garam
  • Diuretik (pil air) untuk membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh
  • Operasi untuk mengeringkan kista dan membantu meringankan gejala
  • Untuk penyakit ginjal polikistik stadium lanjut yang menyebabkan gagal ginjal, mungkin diperlukan dialisis dan transplantasi ginjal. Satu atau kedua ginjal mungkin perlu diangkat Sumber hellosehat.com

Magozai Obat Ginjal Polikistik

 

Pengobatan Penyakit Ginjal Polikistik

 

Intinya, ginjal melakukan perannya dalam menyaring darah dan yang diproses pun tak kurang dari 200 liter darah. Penyakit ginjal bisa saja muncul tanpa dapat terdeteksi dengan cepat dari awal. Ini karena fungsi ginjal yang menurun tak bisa dirasakan secara fisik. Namun untuk bisa mengatasinya, Anda harus lebih dulu tahu akan penyebab ginjal mengecil. Obat infeksi Ginjal


Air Hydrogen
Obat Ginjal Polikistik

 

Pengobatan Penyakit Ginjal Polikistik

 

Hidrogen dapat mengikat radikal bebas pada darah manusia. Gaya hidup yang buruk membuat darah manusia tercampur lemak dan zat radikal bebas.

Zat-zat itu diikat oleh air hidrogen kemudian dibuang melalui air seni. “Radikal bebas adalah salah satu sumber dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, strok, mengobati penyakit dabetes, dan sebagainya.

Antioksidan hidrogen didapat dari proses elektrolisis air mineral. Ia memberikan solusi untuk mendapatkan antioksidan terbaik dengan kemampuan antioksidatif yang tinggi. Berada pada konsentrasi yang tinggi dan mudah sekali diserap oleh sel tubuh dan sel kulit kita.

Air kaya hidrogen adalah air yang tinggi konsentrasi hidrogen di dalamnya. Air Hidrogen membantu mengikat radikal bebas dalam tubuh yang berbentuk reactive oxygen species (ROS).

Reactive Oxygen diproduksi secara alami dalam tubuh yang diketahui penyebab penuaan, penyakit kronik, masalah kulit, dll

Sifat antioksidan pada iar hidrogen menetralisir radikal bebas yang menjadi sumber utama penyebab timbulnya kanker/tumor.  Air Hyrogen Bisa anda dapat dengan mengkonsumsi Izumio air hydrogen 

Karotenoid Obat Ginjal Polikistik

 

Pengobatan Penyakit Ginjal Polikistik

Karotenoid adalah senyawa kimia yang memberi warna alami pada buah dan sayuran. Pigmen ini
menghasilkan warna kuning cerah, merah, dan oranye pada tanaman, sayuran, dan buah-buhan.

Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang dapat melindungi Anda dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Karotenoid adalah antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker.

Manfaat karotenoid khususnya seringkali dengan penurunan risiko kanker paru-paru dan kanker kulit.

Pada kanker kulit, karotenoid dapat dipecah vitamin A, nutrisi yang berperan penting untuk melindungi dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Paparan sinar berlebih dalam jangka panjang diketahui menjadi salah satu faktor risiko terbesar dari perkembangan kanker kulit melasma dan melanoma. Sumber karotenoid atau multikaroten terlengkap bisa di dapat pada produk s lutena

Peluang Bisnis Global

Satu-satunya peluang bisnis yang simpel konsep network marketing global. Jaringan referensi tanpa stok produk, tanpa repot login. Pendaftaran Cukup By Phone atau email atau WA.

 

Pengobatan Penyakit Ginjal Polikistik

 

Bergabung bersama kami, kami promosikan secara online untuk setiap kota

Sebagai distributor Herbal shop Group Online dari Pasarinternet.co.id

Kami Promosikan Khusus

di 1  halaman

Anda mendapatkan 1 halaman promosi untuk wilayah kota nya.

 

Pengobatan Penyakit Ginjal Polikistik

 

Baca juga kumpulan kesaksian konsumen dan Testimoni Ginjal

 

Pengobatan Penyakit Ginjal Polikistik

 

 

%d bloggers like this: