Obat Asam Urat

Obat Asam Urat

Obat Asam Urat

Pengertian Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat, dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. sumber halodoc

Purin adalah zat yang secara alami dihasilkan tubuh, tapi juga terdapat di beberapa jenis makanan. Untuk mengurai zat purin, tubuh akan secara alami menghasilkan asam urat. Sebagian besar asam urat dibuang melalui urine, dan sebagian lainnya dibuang melalui feses.

Pada penderita penyakit asam urat, kadar asam urat dalam tubuh melebihi batas normal. Kondisi ini bisa terjadi bila tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat, atau tubuh sulit membuang kelebihan asam urat.

Bila berlangsung dalam waktu lama, asam urat yang menumpuk dalam tubuh dapat membentuk semacam kristal tajam di sendi, sehingga menimbulkan nyeri, radang, bahkan pembengkakan.

Faktor Risiko Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat lebih sering menimpa pria, terutama dalam rentang usia 30-50. Meski demikian, wanita juga dapat mengalami penyakit ini, terutama setelah masa menopause.

Beberapa faktor lain yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah adalah:

  • Memiliki keluarga yang juga menderita penyakit asam urat.
  • Baru saja mengalami cedera atau menjalani operasi.
  • Mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).
  • Mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  • Menggunakan obat, seperti diuretik, aspirin, ciclosporin, dan beberapa obat kemoterapi.
  • Memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas. Sumber alodokter

Gejala umum dari kadar asam urat tinggi

Asam urat sering dianggap sebagai penyakitnya orang tua alias yang sudah berumur lanjut. Namun, penyakit ini dapat memengaruhi semua orang tanpa memandang usia. Pria dan wanita juga sama-sama berisiko mengalami penyakit ini, meski memang cenderung lebih banyak terjadi pada pria.

Asam urat sebenarnya merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh dalam kadar sewajarnya. Tubuh Anda juga menghasilkan asam urat ketika memecah zat purin dari makanan yang Anda makan. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami penyakit ini. Penyakit baru akan ketika kadar asam urat melonjak naik.
Ketika kadar asam urat tinggi dalam darah, kelebihannya dapat menumpuk dan mengkristal di area persendian. Hal inilah yang membuat persendian terasa nyeri dan sakit, dan kadang juga memerah dan bengkak.

Pada awalnya, penyakit ini mungkin tidak menunjukkan gejala yang begitu berarti. Gejala biasanya baru mulai muncul ketika penderita mengalami serangan asam urat akut atau sudah mengalami kondisi yang kronis.

Ciri-ciri asam urat yang paling umum adalah:

1. Nyeri sendi parah
Nyeri sendi adalah salah satu gejala yang umum muncul ketika kadar asam urat dalam darah tinggi.

Gejala ini terjadi akibat ginjal tidak mampu mengolah asam urat yang sudah terlalu banyak. Asam urat yang tidak terolah kemudian dapat menumpuk di persendian dan mengeras hingga menjadi kristal. Pengkristalan inilah yang menyebabkan sendi mengalami peradangan dan nyeri hebat.

Bagian sendi yang paling sering mengalami nyeri akibat asam urat adalah jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, siku, dan ibu jari.

Nyeri sendi dapat terjadi tiba-tiba. Nyeri sendi sebagai ciri-ciri asam urat lebih sering terjadi pada malam hari saat tidur.

2. Sendi bengkak dan lunak
Ciri-ciri nyeri sendi akibat asam urat juga bisa dilihat dari penampilan persendian yang bermasalah. Sendi yang bermasalah karena gejala asam urat tinggi akan terlihat bengkak dan terasa lunak ketika ditekan.

Pembengkakan lunak ini terjadi karena dua alasan. Pertama karena jaringan pelapis sendi yang bernama sinovium membengkak, dan yang kedua adalah karena cairan sinovial (pelumas sendi) jumlahnya meningkat.

Kedua kondisi ini menandakan sedang terjadi proses peradangan aktif di mana sel-sel darah putih masuk banyak ke dalam sendi.

3. Kulit di persendian yang sakit berwarna kemerahan
Jika persendian yang bermasalah tidak hanya bengkak dan nyeri tapi kulitnya juga berwarna merah terang, ini bisa jadi ciri-ciri asam urat.

Pada jumlah normal, asam urat akan dibuang lewat air kencing. Namun saat tubuh terlalu banyak menghasilkan asam urat, ginjal akan kesulitan memprosesnya. Kelebihannya dapat menumpuk, kemudian membentuk kristal di persendian. Ini menyebabkan peradangan.

Saat ada peradangan di sendi, aliran darah akan meningkat berjalan menuju ke bagian sendi yang terkena, ini disebut vasodilatasi. Pada akhirnya kulit di bagian sendi tersebut akan berwarna kemerahan.

4. Rasa panas di sekitar sendi
Gejala asam urat juga dapat menyebabkan persendian yang bengkak dan memerah terasa panas. Sensasi panas yang muncul di persendian ini adalah efek dari proses peradangan.

Proses peradangan alias inflamasi akan memicu sistem imun tubuh untuk melepaskan protein kecil (peptida) ke jaringan lunak di sekitar sendi. Zat penyebab peradangan juga menyebabkan cairan di sekitar sendi berkumpul.

Hal tersebut membuat aliran darah jadi meningkat sehingga sendi membengkak dan terasa hangat. Sumber hellosehat.com

Kapan harus ke dokter?

Apabila Anda mengalami gejala asam urat yang masih umum, segera ke dokter. Dokter akan mencoba mendiagnosis kondisi Anda dengan melakukan tes asam urat darah dan urine. Ini berguna untuk mengetahui apakah nyeri sendi yang Anda alami disebabkan asam urat atau bukan.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami asam urat namun dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ini adalah serangan sakit sendi karena asam urat pertama Anda. Anda mengalami sendi yang kaku dan nyeri parah. Segera periksa ke dokter untuk diagnosis awal.
  • Anda mengalami demam tinggi dan merasa kedinginan.
  • Gejala serangan asam urat ini bisa menjadi tanda adanya peradangan yang menyerang persendian.
  • Anda harus ke dokter apabila gejala Anda tidak membaik setelah 2 hari paling cepat atau 1 minggu paling lama setelah minum obat pereda nyeri.
  • Karena sebagian besar ciri-ciri serangan asam urat akan hilang dengan sendirinya dalam tujuh hingga 10 hari bahkan tanpa minum obat

Jika dokter mendiagnosis bahwa gejala asam urat Anda parah, Anda akan diberikan obat untuk meredakan rasa sakit sekaligus untuk mencegah asam urat kambuh kembali. Minum obat sesuai petunjuk dan dosis resep yang diberikan dokter. Dalam kebanyakan kasus, ciri-ciri asam urat tinggi akan kambuh lagi setelah gejala pertama muncul.

Dokter Anda mungkin meresepkan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti celecoxib, indometasin, meloxicam, atau sulindac. Dokter juga bisa meresepkan Anda mengonsumsi NSAID yang dijual bebas, seperti naproxen atau ibuprofen. Kemungkinan dokter Anda akan meresepkan atau obat-obatan lain untuk mengurangi peradangan, seperti colchicine.

Anda juga akan disarankan minum banyak air mineral agar jangan sampai dehidrasi. Ketika tubuh Anda dehidrasi, kadar asam urat Anda dapat meningkat lebih tinggi lagi. Sebaiknya tetap jaga asupan cairan tubuh untuk membantu menjaga kadar asam urat tetap normal.

Selain itu, perhatikan asupan makanan dan minuman Anda sehari-hari. Makanan yang tinggi purin, seperti makanan laut, daging, jeroan, dan makanan berlemak, berisiko tinggi meningkatkan asam urat dalam darah Anda. Selain mengonsumsi minuman beralkohol dan juga minuman dengan pemanis buatan dapat membuat gejala asam urat tinggi Anda kambuh. sumber hellosehat.com

Diagnosis Penyakit Asam Urat

Untuk memperoleh diagnosis penyakit asam urat, dokter akan terlebih dahulu menanyakan riwayat penyakit pasien, dan seberapa sering gejala muncul, serta melihat lokasi sendi yang sakit. Setelah itu, pemeriksaan lanjutan akan dilakukan untuk memastikan adanya kristal pemicu nyeri pada persendian, seperti:

Tes darah. Tes darah dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dan kreatinin dalam darah. Seseorang dengan kadar asam urat dalam darah hingga 7 mg/dL, dinilai sudah menderita penyakit asam urat. Namun demikian, tes ini tidak selalu dapat memastikan penyakit asam urat. Beberapa orang diketahui memiliki kadar asam urat tinggi, namun tidak menderita penyakit asam urat. Sebaliknya, ada orang yang memiliki gejala dan tanda penyakit asam urat meski kadar asam urat dalam darah normal.
Tes urine 24 jam. Prosedur ini dilakukan dengan memeriksa kadar asam urat dalam urine yang dikeluarkan pasien selama 24 jam.
Tes cairan sendi. Prosedur ini mengambil cairan sinovial pada sendi yang sakit, untuk diperiksa di bawah mikroskop.
Pencitraan. Pemeriksaan foto Rontgen dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab radang pada sendi. Sedangkan USG dapat mendeteksi kristal asam urat pada sendi dan tofi (benjolan).
Dual energy CT scan. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi kristal asam urat di sendi meski tidak terjadi peradangan.
Biopsi sinovial. Prosedur ini mengambil sebagian kecil jaringan (membran sinovial) di sekitar sendi yang terasa sakit, untuk diperiksa di bawah mikroskop. Sumber Alodokter.com

Bagaimana Mencegah Asam Urat?

Mencegah dalam artian mencari cara agar kadar asam urat dalam tubuh tidak melonjak. Menjaga agar kadar asam urat tidak meningkat adalah bagian penting dari target jangka panjang mencegah asam urat berlebih. Karena asam urat sebenarnya ada secara alami di dalam tubuh, jumlahnya bisa meningkat karena ada faktor dari luar, misalnya makanan. Ada beberapa trik agar asam urat tidak melejit jumlahnya. Menurut situs Best Gout Remedies, caranya adalah sebagai berikut :

1. Menghindari makanan yang kaya purin Tukar dengan makanan rendah purin atau yang kadar purinnya sedang-sedang saja. Untuk jenis makanan dengan kadar purin masing-masing; silakan lihat penjelasan di bagian akhir.

2. Kurangi asupan minuman beralkohol Atau lebih baik dipangkas saja sekaligus. Minuman beralkohol, terutama bir, adalah jenis minuman dengan kadar purin tertinggi. Jika tidak dapat rneninggalkan alkohol, minumlah dengan porsi sedang, yaitu tidak lebih dari satu atau dua gelas wine sehari.

3. Minum banyak air Terutama minuman yang diionisasi atau yang mengandung mineral. Minumlah delapan hingga 12 gelas sehari. Kurangi konsumsi air alkalin dan jangan minum air berbaking soda, sebab mengandung banyak garam.

4. Minum susu dan jus jeruk Menurut beberapa riset, susu menurunkan kadar asam urat. Jika Anda potensial menderita asam urat, risikonya dapat diturunkan bila minum segelas susu setiap hari. Satu gelas susu dapat menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL, Demikian pula dengan jus jeruk, walau kedigdayaannya sedikit di bawah susu.

5. Minum kopi Dalam beberapa penelitian, didapat hasil bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena asam urat. Kopi juga dapat sedikit menurunkan risiko terkena asam urat. untuk mereka yang telah terkena.

6. Santap ceri, seledri, stroberi Makan buahnya atau minum jusnya. Semuanya mengandung komponen yang mampu memerangi asam urat. Beberapa pasien melaporkan, nyeri karena asam urat langsung hilang karena ceri. Buah beri juga bisa membantu pencegahan. Empat besar buah beri yang disarankan adalah elderberi, stroberi, bluberi, dan bilberi. Semuanya dapat mencegah asam urat karena kaya antioksidan, berpurin rendah, dan tidak terlalu asam. Beri paling oke? Stroberi!

7. Multivitamin Minimal asup satu tablet multivitamin setiap hari. Pilih yang paling kuat dan mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan zinc, terutama untuk mereka yang telah berusia di atas 40 tahun.

8. Turunkan berat badan Jika Anda termasuk kelebihan berat, sebaiknya turunkan berat badan. Penurunan berat badan adalah tip paling penting dalam pencegahan asarn urat, meski yang paling sulit untuk dilakukan.

9. Minum vitamin C Asupan vitamin C sebanyak 500 mg setiap hari, menurut sebuah penelitian, terbukti dapat mencegah asam urat.

Makanan dan Kadar Purin – Tinggi : ikan hering, sardin, teri, hati (dari semua jenis hewan), kaldu, daging jeroan, ikan tuna, ikan trout, lobster dan keluarganya, udang, kerang, minuman beralkohol. – Sedang :

ikan (kecuali yang telah disebutkan di kategori tinggi), polong-polongan termasuk kacang-kacangan (kedelai, kacang pea), daging sapi, daging domba, daging babi, ayam, kalkun, jamur, bayam, asparagus, lentil. – Rendah : telur (dan juga putih telur), buah-buahan (termasuk beri) susu, mentega, keju, yogurt, krim, es krim, kentang, produk biji-bijian (roti, krakers, pasta, mi, spageti, beras), kacang-kacangan dan biji-bijian, cake, biskuit, sereal, zaitun, cuka, minyak sayur, gula cokelat, acar dari sayuran, kimchi.

Penderita asam urat sebaiknya.. – Memakai baju hangat jika cuaca sedang dingin – Memastikan tekanan darah dalam level normal – Menghindari dehidrasi – Menghindari perut kosong dalam waktu lama – Berolahraga tetapi hindari latihan berat. sumber Dari lifestyle.kompas.com

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Penanganan penyakit asam urat adalah dengan pemberian obat-obatan, untuk meringankan gejalanya dan mencegah penyakit kambuh kembali. Jenis obat yang biasanya diresepkan dokter untuk menangani penyakit asam urat adalah colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Pada pasien yang tidak bisa mengonsumsi kedua obat tersebut, dokter akan meresepkan kortikosteoid.

Pada pasien yang mengalami beberapa kali serangan asam urat dalam setahun, atau mengalami nyeri hebat akibat penyakit ini, dokter akan meresepkan obat lain untuk mencegah komplikasi. Jenis obat yang digunakan pada kasus di atas adalah allopurinol. Obat ini bekerja dengan menghambat produksi asam urat di tubuh. Jenis obat lain yang juga dapat diberikan adalah obat untuk meningkatkan pembuangan asam urat berlebih dari tubuh seperti probenecid.

Untuk mencegah serangan asam urat kembali terjadi, pasien akan disarankan untuk menghindari makanan berkadar purin tinggi, dan mengurangi minuman tinggi gula serta minuman beralkohol. Pasien juga akan dianjurkan untuk memenuhi asupan protein dengan mengonsumsi susu rendah lemak, serta rutin berolahraga untuk mencapai dan menjaga berat badan ideal.

Magozai Obat Asam Urat

 

Obat Asam Urat

 

Asam urat dan kolesterol termasuk dua kondisi yang umum. Biasanya orang yang punya kadar kolesterol tinggi lebih rentan untuk terkena asam urat. Begitu juga sebaliknya. Nah yang jadi pertanyaan, harus minum obat apa bila seseorang mengalami dua kondisi tersebut? Yuk, cari tahu pilihan obat yang aman untuk mengatasi kolesterol tinggi dan asam urat dalam ulasan berikut.

Selengkapnya klik : Paket Pengobatan Asam Urat

Berikut ini testimoni atau kesaksian nyata dari penderita kolesterol dan asam urat yang sehat kembali berkat magozai dan paket produk kolesterol dari unihealth yang sangat membantu dalam pengobatan penyakit kolesterol :

Air Hydrogen Obat Penyakit Asam Urat

 

Obat Asam Urat

Hidrogen dapat mengikat radikal bebas pada darah manusia. Gaya hidup yang buruk membuat darah manusia tercampur lemak dan zat radikal bebas.

Zat-zat itu diikat oleh air hidrogen kemudian dibuang melalui air seni. “Radikal bebas adalah salah satu sumber dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, strok, mengobati penyakit dabetes, dan sebagainya.

Antioksidan hidrogen didapat dari proses elektrolisis air mineral. Ia memberikan solusi untuk mendapatkan antioksidan terbaik dengan kemampuan antioksidatif yang tinggi. Berada pada konsentrasi yang tinggi dan mudah sekali diserap oleh sel tubuh dan sel kulit kita.

Air kaya hidrogen adalah air yang tinggi konsentrasi hidrogen di dalamnya. Air Hidrogen membantu mengikat radikal bebas dalam tubuh yang berbentuk reactive oxygen species (ROS).

Reactive Oxygen diproduksi secara alami dalam tubuh yang diketahui penyebab penuaan, penyakit kronik, masalah kulit, dll

Sifat antioksidan pada iar hidrogen menetralisir radikal bebas yang menjadi sumber utama penyebab timbulnya kanker/tumor.  Air Hyrogen Bisa anda dapat dengan mengkonsumsi Izumio air hydrogen 

Karotenoid Obat Penyakit Asam Urat

Obat Asam Urat

 

Karotenoid adalah senyawa kimia yang memberi warna alami pada buah dan sayuran. Pigmen ini
menghasilkan warna kuning cerah, merah, dan oranye pada tanaman, sayuran, dan buah-buhan.

Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang dapat melindungi Anda dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Karotenoid adalah antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker.

Manfaat karotenoid khususnya seringkali dengan penurunan risiko kanker paru-paru dan kanker kulit.

Pada kanker kulit, karotenoid dapat dipecah vitamin A, nutrisi yang berperan penting untuk melindungi dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Paparan sinar berlebih dalam jangka panjang diketahui menjadi salah satu faktor risiko terbesar dari perkembangan kanker kulit melasma dan melanoma. Sumber karotenoid atau multikaroten terlengkap bisa di dapat pada produk s lutena

Peluang Bisnis Global

Satu-satunya peluang bisnis yang simpel konsep network marketing global. Jaringan referensi tanpa stok produk, tanpa repot login. Pendaftaran Cukup By Phone atau email atau WA.

 

Obat Asam Urat

Bergabung bersama kami, kami promosikan secara online untuk setiap kota

Sebagai distributor Herbal shop Group Online dari Pasarinternet.co.id

Kami Promosikan Khusus

di 1  halaman

Anda mendapatkan 1 halaman promosi untuk wilayah kota nya.

 

Baca juga kumpulan kesaksian konsumen dan Testimoni Asam Urat 

 

 

%d bloggers like this: