Obat Penyakit Ginjal Kronik

Obat Penyakit Ginjal Kronik

Obat Penyakit Ginjal Kronik

Pengertian Gagal Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Ginjal berfungsi menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urine. Setiap hari, kedua ginjal menyaring sekitar 120-150 liter darah, dan menghasilkan sekitar 1-2 liter urine.

Di dalam setiap ginjal, terdapat unit penyaring atau nefron yang terdiri dari glomerulus dan tubulus. Glomerulus menyaring cairan dan limbah untuk dikeluarkan, serta mencegah keluarnya sel darah dan molekul besar yang berbentuk protein.

Selanjutnya, saat darah melewati unit penyaring tubulus, mineral yang dibutuhkan tubuh disaring kembali sedangkan sisanya dibuang sebagai limbah.

Selain menyaring limbah dan kelebihan cairan, fungsi ginjal lain yang penting dalam tubuh, di antaranya:

  • Menghasilkan enzim renin yang menjaga tekanan darah dan kadar garam dalam tubuh tetap normal.
  • Membuat hormon eritropoietin yang merangsang sumsum tulang memproduksi sel darah merah.
  • Memproduksi vitamin Ddalam bentuk aktif yang menjaga kesehatan tulang.
  • Dalam kondisi gagal ginjal kronis, cairan dan elektrolit, serta limbah dapat menumpuk dalam tubuh. Gejala dapat terasa lebih jelas saat fungsi ginjal sudah semakin menurun. Pada tahap akhir
  • GGK, kondisi penderita dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan terapi pengganti ginjal, salah satunya cuci darah.
  • Penyakit ginjal kronis merupakan masalah kesehatan global yang jumlahnya terus meningkat.
  • Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 oleh Kementrian Kesehatan RI, sebanyak 0,2% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Berdasarkan Indonesian Renal Registry yang digagas oleh perkumpulan dokter ginjal se-Indonesia, pada tahun 2016, lebih dari 8000 pasien GGK disebabkan oleh diabetes (nefropati diabetik), dan merupakan penyebab terbanyak di Indonesia. Disusul oleh hipertensi yang jumlahnya hampir 4000 penderita. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ginjal mengalami gangguan tersebut, salah satunya adalah terlalu sering mengonsumsi makanan penyebab gagal ginjal. Obat Penyakit Ginjal Kronik

Penderita GGK yang aktif cuci darah juga terus meningkat dari 30 ribu pada tahun 2015, menjadi lebih dari 50 ribu pada tahun 2016. Hal ini baik, karena semakin banyak penderita gagal ginjal kronis tahap akhir yang sudah mengerti dengan pengobatannya. Namun di sisi lain juga menjadi peringatan karena kurang baiknya penanganan gagal ginjal kronis, sehingga membutuhkan terapi pengganti ginjal. Sumber alodokte.com

Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Ginjal berfungsi menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urine. Ginjal juga memiliki berbagai fungsi lain yang tidak kalah penting, yaitu:

  • Mengatur kadar bahan kimia dalam tubuh, sehingga membantu jantung dan otot agar bekerja dengan baik.
  • Membantu mengatur tekanan darah.
  • Memproduksi zat sejenis vitamin D yang menjaga kesehatan tulang.
  • Memproduksi hormon glikoprotein disebut erythropoietin yang membantu merangsang produksi sel-sel darah merah.

Beberapa kondisi, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal kronis. Dalam jangka panjang, kondisi-kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal, sehingga fungsi ginjal menurun. Obat Penyakit Ginjal Kronik

Gejala utama ginjal kronik

Penyakit ginjal kronis berkembang secara bertahap dan diam-diam, sehingga mungkin saja pasien-pasien tidak menyadari mereka mengidap penyakit tersebut sampai penyakit ginjal kronis yang mereka derita mulai menyebabkan gejala-gejala. Gejala-gejala ini baru mulai terasa apabila ginjal-ginjal mulai kurang mampu menjalankan tugasnya. Gejala-gejala utama dari ginjal yang melemah termasuk di antaranya:

  • Bertambahnya berat badan secara drastis atau berkurangnya berat badan tanpa sebab yang jelas
    Edema (ini terjadi ketika cairan tidak dapat keluar dari tubuh dan malah menumpuk di dalam
  • jaringan-jaringan
  • Jarang buang air kecil
  • Kelelahan
  • Hilangnya selera makan
  • Mual
  • Muntah-muntah
  • Rasa ngantuk atau insomnia yang berlebihan
  • Sakit kepala
  • Kebingungan
  • Rasa logam di dalam mulut
  • Rasa gatal yang parah

Penyakit ginjal kronis juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan lainnya, seperti:

Anemia : Terlihat dari kelemahan tubuh secara umum, kulit pucat, rasa lelah yang berkepanjangan (kronis), anemia muncul ketika ginjal tidak lagi mampu memproduksi erythropoietin dalam jumlah cukup. Erythropoietin merupakan hormon yang penting untuk menghasilkan sel-sel darah merah yang baru.

Ketidakseimbangan elektrolit : Begitu ginjal mulai tidak berfungsi dengan baik, ginjal tidak akan mampu untuk menyaring zat-zat yang tidak diinginkan dari darah. Hal ini menyebabkan sebagian zat kimia menyangkut di dalam darah, seperti zat-zat asam tertentu, kalium, dan fosfat, yang dapat mengakibatkan lemahnya otot dan denyut jantung yang tidak normal.

Sindrom uremik : ketika sebagian zat tidak disaring keluar dari darah dan mencapai kadar tertentu, mereka cenderung untuk menjadi beracun. Sindrom uremik dapat memiliki efek-efek yang negatif terhadap saraf, usus, dan jantung.

Penyakit tulang : Apabila ginjal tidak dapat menyaring keluar kalsium, vitamin D, dan fosfat, zat-zat ini dapat secara mudah menumpuk dalam jumlah yang tidak sehat, sehingga dapat mengakibatkan penyakit-penyakit tulang.

Aterosklerosis : Sebuah kondisi jantung yang terjadi oleh karena penyumbatan-penyumbatan atau penyempitan pembuluh-pembuluh darah di dalam jantung. Aterosklerosis dapat berkembang secara lebih cepat bagi pasien-pasien yang menderita penyakit ginjal kronis.

Ketika kemampuan fungsi ginjal menurun ke bawah level tertentu, ini dapat dikategorikan sebagai gagal ginjal. Gagal ginjal dapat memiliki efek-efek yang serius bagi jantung, otak, dan tulang. sumber : docdoc.com

Komplikasi Gagal Ginjal Kronik

Ketika Anda mengalami gagal ginjal kronik, maka Anda dapat memiliki masalah dengan bagaimana bagian tubuh bekerja. Beberapa komplikasi umum yang bisa terjadi, di antaranya:

Asam Urat
Asam urat adalah komplikasi yang bisa terjadi dari penyakit ginjal. Karena asam urat disaring melalui ginjal, kedua penyakit tersebut memiliki kaitan.

Anemia
Ginjal membantu tubuh membuat sel darah merah. Ketika ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, tubuh Anda mungkin tidak memiliki cukup sel darah merah. Kondisi inilah yang disebut anemia.

Penyakit Tulang dan Fosfor Tinggi (hyperphosphatemia)
Anda membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk memiliki tulang yang sehat. Ginjal yang sehat membantu menjaga kesehatan tulang. Jika Anda menderita gagal ginjal kronik, ginjal mungkin tidak dapat melakukan pekerjaan penting ini.

Penyakit Jantung
Penyakit jantung dapat menyebabkan penyakit ginjal, tetapi penyakit ginjal juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di antara orang-orang yang menjalani dialisis.

Ketika ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, maka hal itu tidak dapat mendukung fungsi dari bagian tubuh lainnya, sehingga dapat menyebabkan masalah dengan organ hati.

Kalium Tinggi (Hiperkalemia)
Ginjal yang sehat menyaring kalium ekstra (mineral yang ditemukan dalam banyak makanan) dari darah. Jika Anda menderita gagal ginjal kronik, Anda perlu membatasi kalium karena ginjal mungkin tidak dapat menyaringnya.

Penumpukan Cairan
Ginjal yang sehat mengeluarkan cairan berlebih dari darah. Ketika ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya, organ tersebut tidak bisa mengeluarkan cukup cairan. Kondisi ini dapat menyebabkan cairan berlebih menumpuk di dalam tubuh.

Terlalu banyak cairan dalam tubuh dapat menyebabkan masalah dengan jantung dan paru-paru. Kondisi ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, di mana hal ini merupakan penyebab paling umum dari gagal ginjal kronik. Obat Penyakit Ginjal Kronik

Kapan Harus Ke Dokter ?

Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Dokter Spesialis Ginjal dan Hipertensi?
Penyakit ginjal cenderung tidak menimbulkan gejala, atau hanya menimbulkan sedikit gejala yang tidak spesifik, bahkan ketika penyakit ginjal sudah parah. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan ginjal, terutama bila memiliki faktor risiko untuk menderita penyakit ginjal. Sumber : alodokter Segeralah memeriksakan diri ke dokter, jika Anda mengalami beberapa gejala berikut:

  • Kesulitan untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil berdarah.
  • Kelelahan.
  • Sesak napas.
  • Gangguan tidur atau insomnia.
  • Rasa logam di mulut.
  • Nyeri punggung atau pinggang.
  • Tekanan darah yang tidak normal, baik terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Diagnosis Gagal Ginjal Kronis

Diagnosis diperlukan setelah gejala mulai mencurigakan. Tidak hanya itu, hal-hal seperti riwayat penyakit pengidap dan keluarga, dan beberapa pemeriksaan fisik akan dilakukan. Untuk memastikan kondisi ginjal seseorang, maka terdapat beberapa tes yang perlu dijalankan, seperti:

Tes Darah. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kinerja ginjal dengan cara melihat kadar limbah dalam darah, seperti kreatinin dan ureum.

Tes Urine. Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui apakah ada indikasi kerusakan ginjal. Dalam tes ini, akan diperiksa kadar albumin dan kreatinin dalam urine. Selain itu, kandungan protein dalam urine juga turut serta diperiksa.

Pemindaian. Pemindaian ini akan melihat struktur dan ukuran ginjal. Beberapa jenis pemindaian yang bisa dilakukan seperti misalnya USG, MRI, dan CT scan.

Biopsi ginjal. Biopsi dilakukan dengan mengambil sampel kecil dari jaringan ginjal, yang kemudian dianalisis untuk menentukan penyebab kerusakan ginjal. Obat Penyakit Ginjal Kronik

Pengobatan Gagal Ginjal Kronik

Cara mengobati gagal ginjal kronik adalah tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Beberapa jenis penyakit ginjal dapat diobati, namun sering kali penyakit ginjal kronis tidak bisa disembuhkan.

Perawatan biasanya terdiri dari langkah-langkah untuk membantu mengendalikan tanda dan gejala, mengurangi komplikasi, dan memperlambat perkembangan penyakit. Jika ginjal Anda menjadi sangat rusak, Anda mungkin perlu perawatan untuk penyakit ginjal tahap akhir.

Meskipun gagal ginjal kronik adalah sesuatu yang tidak bisa disembuhkan, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menjaga ginjal tetap sehat selama mungkin dan menghentikan kerusakan agar tidak semakin parah, antara lain:

  • Kontrol gula darah jika menderita diabetes.
  • Pertahankan tekanan darah yang sehat.
  • Ikuti diet rendah garam dan rendah lemak.
  • Berolahraga setidaknya 30 menit dalam seminggu.
  • Jaga berat badan yang sehat.
  • Jangan merokok.
  • Batasi konsumsi alkohol.
  • Bicaralah dengan dokter tentang obat-obatan yang dapat membantu melindungi ginjal.

Jika Anda terserang penyakit ginjal sejak dini, Anda mungkin dapat mencegah gagal ginjal. Namun jika gagal ginjal terjadi, Anda perlu melakukan tindakan cuci darah atau transplantasi ginjal untuk bertahan hidup.

Pencegahan Gagal Ginjal Kronik

Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari gagal ginjal kronik. Jika Anda menderita diabetes atau tekanan darah tinggi, Anda harus menjaga gula darah dan tekanan darah tetap terkendali.

Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk mencegah gagal ginjal kronik, antara lain:

  • Ikuti diet rendah garam dan rendah lemak.
  • Berolahraga rutin.
  • Lakukan pemeriksaan rutin.
  • Tidak merokok.
  • Membatasi konsumsi alkohol. sumber doktersehat

 

Obat Ginjal Kronik Dengan Magozai

 

Obat Penyakit Ginjal Kronik

 

Intinya, ginjal melakukan perannya dalam menyaring darah dan yang diproses pun tak kurang dari 200 liter darah. Penyakit ginjal bisa saja muncul tanpa dapat terdeteksi dengan cepat dari awal. Ini karena fungsi ginjal yang menurun tak bisa dirasakan secara fisik. Namun untuk bisa mengatasinya, Anda harus lebih dulu tahu akan penyebab ginjal mengecil. Obat infeksi Ginjal


Air Hydrogen Obat Ginjal Kronik

 

Obat Penyakit Ginjal Kronik

 

Hidrogen dapat mengikat radikal bebas pada darah manusia. Gaya hidup yang buruk membuat darah manusia tercampur lemak dan zat radikal bebas.

Zat-zat itu diikat oleh air hidrogen kemudian dibuang melalui air seni. “Radikal bebas adalah salah satu sumber dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, strok, mengobati penyakit dabetes, dan sebagainya.

Antioksidan hidrogen didapat dari proses elektrolisis air mineral. Ia memberikan solusi untuk mendapatkan antioksidan terbaik dengan kemampuan antioksidatif yang tinggi. Berada pada konsentrasi yang tinggi dan mudah sekali diserap oleh sel tubuh dan sel kulit kita.

Air kaya hidrogen adalah air yang tinggi konsentrasi hidrogen di dalamnya. Air Hidrogen membantu mengikat radikal bebas dalam tubuh yang berbentuk reactive oxygen species (ROS).

Reactive Oxygen diproduksi secara alami dalam tubuh yang diketahui penyebab penuaan, penyakit kronik, masalah kulit, dll

Sifat antioksidan pada iar hidrogen menetralisir radikal bebas yang menjadi sumber utama penyebab timbulnya kanker/tumor.  Air Hyrogen Bisa anda dapat dengan mengkonsumsi Izumio air hydrogen 


Karotenoid Obat Ginjal Kronik

Obat Penyakit Ginjal Kronik

 

Karotenoid adalah senyawa kimia yang memberi warna alami pada buah dan sayuran. Pigmen ini
menghasilkan warna kuning cerah, merah, dan oranye pada tanaman, sayuran, dan buah-buhan.

Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang dapat melindungi Anda dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Karotenoid adalah antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker.

Manfaat karotenoid khususnya seringkali dengan penurunan risiko kanker paru-paru dan kanker kulit.

Pada kanker kulit, karotenoid dapat dipecah vitamin A, nutrisi yang berperan penting untuk melindungi dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Paparan sinar berlebih dalam jangka panjang diketahui menjadi salah satu faktor risiko terbesar dari perkembangan kanker kulit melasma dan melanoma. Sumber karotenoid atau multikaroten terlengkap bisa di dapat pada produk s lutena

Baca juga !!! Kumpulan testimoni obat herbal ginjal

Peluang Bisnis Global

Satu-satunya peluang bisnis yang simpel konsep network marketing global. Jaringan referensi tanpa stok produk, tanpa repot login. Pendaftaran Cukup By Phone atau email atau WA.

 

Obat Penyakit Ginjal Kronik

 

Bergabung bersama kami, kami promosikan secara online untuk setiap kota

Sebagai distributor Herbal shop Group Online dari Pasarinternet.co.id

Kami Promosikan Khusus

di 1  halaman

Anda mendapatkan 1 halaman promosi untuk wilayah kota nya.

 

Obat Penyakit Ginjal Kronik

 

Baca juga kumpulan kesaksian konsumen dan Testimoni Ginjal

 

Obat Penyakit Ginjal Kronik

 

%d bloggers like this: