20 Manfaat Buah Tomat

20 Manfaat Buah Tomat

20 Manfaat Buah Tomat

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen (lycopene). Zat ini dapat membantu memerangi efek radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Selain itu, tomat rendah kalori dan lemak, namun kaya akan karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Tak heran jika manfaat tomat juga melimpah ruah.

Walau sering disangka sayuran, ternyata tomat termasuk dalam kategori buah-buahan. Si buah yang biasanya berwarna oranye atau merah ini bisa dikonsumsi dalam berbagai cara. Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh pun beraneka ragam, mulai dari mencukupi nutrisi tubuh hingga mencegah kanker.

 

Manfaat Buah Tomat

  1. Lycopene yang ada pada tomat dapat mencegah penyakit jantung.
  2. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi pada tomat membuatnya berkhasiat melindungi kesehatan mata kita.
  3. Mencegah penyakit kanker, hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Edward Gio-vannucci dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa kandungan lycopenedan beta karoten pada tomat bekerja sebagai antioksidan alami yang melindungi sel-sel dan struktur tubuh lainnya dari bahaya radikal bebas
  4. Lycopenemerupakan salah satu jenis anti-oksidan vital alami, berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat me-ngakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.
  5. Membantu menurunkan risiko gangguan jantung.
  6. Menghilangkan kelelahan dan menam-bah nafsu makan.
  7. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
  8. Mengurangi risiko radang usus buntu.
  9. Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
  10. Mengatasi kegemukan.
  11. Mengandung kolesterol baiksehingga dapat melindungi organ jantung. Mengonsumsi buah tomat secara teratur dapat mengurangi kadar trigliserida yang terdapat dalam darah. Tomat juga mampu mencegah dan menurunkan faktor risiko terhadap serangan jantung, stroke dan pembekuan darah.
  12. Selain dapat mengobati gangguan yang terjadi pada pencernaan, buah ini pun mampu mengobati diare dan menurun-kan risiko seseorang terhadap pe-nyakit liver.
  13. Kaya vitamin C, selain dapat dijadikan se-bagai sumber vitamin A, buah ini juga dapat kita jadikan sebagai sumber vitamin C yang diperlukan oleh tubuh.
  14. Mengurangi efek buruk asap rokok, kan-dungan asam coumaricdan asam chloro-genic yang ada di dalamnya dapat membantu kita mengurangi bahaya yang di-timbulkan oleh asap rokok.
  15. Menurunkan tekanan darah, konsumsi tomat setiap hari secara rutin terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah.
  16. Dapat digunakan sebagai antiseptik, to-mat juga dapat kita gunakan sebagai an-tiseptik yang ampuh untuk melindungi tubuh dari bahaya infeksi.
  17. Pelembut kulit, jika diusapkan pada kulit secara teratur, kulit kita akan lebih lem-but dan halus.
  18. Mengecilkan pori-pori, untuk mengecilkan pori-pori, cukup menghaluskan beberapa buah tomat lalu campurkan ke dalamnya dua sendok teh cairan jeruk nipis. Oleskan secara merata ke wajah dan bersihkan 5 sampai 10 menit kemu-dian, lakukan secara teratur sampai ukuran pori-pori anda mengecil.
  19. Mengurangi jerawat, kandungan asam yang terdapat pada tomat dapat mengu-rangi jerawat pada wajah dan bagian tubuh lainnya.
  20. Membuat kulit bercahaya, jika buah ini diaplikasikan pada wajah dengan benar maka kita akan mudah mendapatkan kulit bersih dan memancarkan cahaya.

 

Kesimpulan buah tomat kaya manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh selain sebagai tamabahan pada masakan dan makanan juga digunakan untuk perawatan wajah. sekilas tentang manfaat buah tomat ini.

Nantikan info kesehatan lainnya dari Kami TERIMA KASIH

%d bloggers like this: